Banner Add Space

IT Governance

Dilihat :  kali

Definisi IT Governance (Tatakelola TI)
Pertanggung-jawaban eksekutif dan direksi – yang melibatkan kepemimpinan, struktur organisasi dan proses – dalam memastikan bahwa TI menjadi pendukung dan pendorong strategi pencapaian tujuan organisasi.
Tatakelola TI adalah penerapan Tatakelola Perusahaan (corporate governance) di bidang TI.

Tatakelola (Governance) vs Pengelolaan (Management)
Tatakelola adalah “penataan pengelolaan” yaitu mengarahkan, memonitor/memantau dan mengevaluasi pengelolaan.
Tatakelola TI adalah penerapan mekanisme tatakelola yang meliputi struktur peran, proses/prosedur, dan mekanisme komunikasi untuk memastikan bahwa TI dikelola sesuai dengan kebutuhan dan strategi organisasi (van Grembergen).

Definisi lain menyatakan bahwa:
Tata kelola (governance) fokus pada pengawasan, akuntabilitas dan keputusan-keputusan strategis, sedangkan pengelolaan (management) fokus pada keputusan-keputusan strategis dan pengendalian operasional.

 IT Governance adalah bagian dari Corporate Governance dan IT Management adalah bagian dari Corporate Management. Cakupan area dari IT governance sama dengan Corporate Governance yakni jajaran direksi ke atas, sedangkan cakupan area dari IT management sama dengan Corporate Management yakni level management ke bawah


2 comments

Apa prinsip2 utama dalam Good Corporate Governance (GCG)? Bagaimana cara mengukurnya? Thanks in advance.

Prinsip-prinsip utama dalam GCG adalah transparansi dan akuntabilitas. Secara kuantitatif pengukuran Governance (tata kelola) organisasi dapat menggunakan framework yang ada seperti COBIT atau standard ISO lainnya. Khusus untuk pengelolaan IT di organisasi, tingkat kematangan (maturity level) dapat menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 dan untuk mengukur tingkat kapabilitas (capability level) dapat menggunakan COBIT 5. COBIT 5 juga mencakup pengukuran kapabilitas organisasi secara keseluruhan (tidak hanya IT).


EmoticonEmoticon