Banner Add Space

IT Infrastructure

Dilihat :  kali

Definisi Event, Incident, dan Problem

Event:
any change of state that has significance for the management of IT service (ITIL – Information Technology Infrastructure Library) - setiap perubahan status yang signifikan terhadap layanan TI.

Event ada 3 (tiga):
Informational: event yang tidak mengganggu layanan
Warning: mungkin bisa menjadi trigger yang dapat mengganggu layanan
Exceptional: hampir dapat dipastikan merupakan sebuah trigger yang mengganggu layanan

Incident:
  • any event which is not part of the standard operation of a service and which causes or may cause an interruption to, or a reduction in, the quality of that service (ITSM, 2007) - setiap kejadian yang bukan bagian dari layanan operasional standar yang menyebabkan atau berpotensi menyebabkan interupsi/ gangguan atau penurunan kualitas layanan.
  • an unplanned disruption or degradation of service (ITIL – Information Technology Infrastructure Library) - gangguan yang tidak direncanakan atau penurunan (kualitas) layanan.

Problem:
the cause of one or more incidents (ITIL – Information Technology Infrastructure Library) - penyebab dari satu atau lebih insiden.
Suatu insiden dapat pula disebabkan oleh masalah yang tak terselesaikan.


Service Level Management

Availability (tingkat ketersediaan) adalah kemampuan untuk menjalankan fungsi pada saat dibutuhkan atau untuk menjalankan fungsi selama suatu periode waktu tertentu.

Faktor penentu Availability:
  1. Reliability (keandalan)
  2. Maintainability (kemudahan pemeliharaan)
  3. Serviceability (kemudahan perbaikan)

Formula:



Case:
Sebuah perusahaan penyedia layanan jaringan 24/7 telah beroperasi selama 1 bulan (720 jam). Catatan pada Trouble Ticketing System menunjukkan bahwa jaringan telah mengalami gangguan sebanyak dua kali (masing-masing selama 1 jam dan 2 jam), maka sesuai fromula di atas, hitunglah Availability, Reliability (MTBSI dan MTBF) serta Maintainability jaringan tsb.

Answer:
  • Availability = ((720–(1+2)) / 720) x 100% = 99,58%
  • Reliability (MTBSI) = 720 / 2 = 360 jam
  • Reliability (MTBF) = (720–(1+2)) / 2 = 358,5 jam
  • Maintainability (MTRS) = (1+2) / 2 = 1,5 jam

Infrastruktur Adaptif

Ukuran tingkat keadaptifan infrastruktur TI (IT infrastructure adaptiveness)
  1. Time to Market: waktu atau kecepatan implementasi layanan baru
  2. Scalability: mampu mengakomodasi peningkatan penggunaan/beban.
  3. Extensibility: kemudahan menambah komponen baru.

Ciri-ciri infrastruktur adaptif:
  1. Efisien: tersedianya komponen-komponen yang dapat dimanfaatkan bersama oleh berbagai sistem aplikasi (lama maupun baru).
  2. Efektif: adanya komponen-komponen yang mudah dipadukan (interoperable) dan diintegrasikan.
  3. Fleksibel (agile): adanya komponen-komponen yang mudah dirombak, di-upgrade, atau diganti.

Strategi untuk mencapai infrastruktur adaptif:
  • Complexity Partitioning: partisi arsitektur aplikasi ke dalam komponen-komponen yang dapat dikelola secara terpisah (modular).
  • Reusability: pemanfaatan ulang/silang komponen-komponen infrastruktur oleh berbagai layanan TI.
  • Integration: pemanfaatan teknologi open standard yang memungkinkan integrasi antar komponen infrastruktur.


Dari berbagai sumber, telah diolah kembali

2 comments

Bagaimana cara menghitung availability total suatu sistem redundant dengan masing-masing memiliki availability five-nine (99,999%) dan four-nine (99,99%)?

Terima kasih atas pertanyaannya.
Sistem redundant akan memiliki nilai Availability total lebih baik dari masing-masing.
Formulanya:
A(t)Total = 1 - ((1-A(t)1)*(1-A(t)2))
A(t)Total = 1 - ((1-0.99999)*(1-0.9999))
A(t)Total = 1 - (0.00000001)
A(t)Total = 0.999999999 atau 99,9999999%
Orang menyebutnya dengan nine-nine (hampir 100%)


EmoticonEmoticon